Islamic Center Of Baturaja

Islamic Center Of Baturaja
Islamic Center Of Baturaja
Powered By Blogger

Fuji's help for searching

Sabtu, 21 Maret 2009

Merawat Termostat Mobil

Merawat Termostat Mobil

TERMOSTAT berfungsi untuk mengatur buka-tutup aliran air dari radiator ke mesin. Kinerja termostat tidak optimal, kalau komponen ini dipenuhi karat pada dinding-dindingnya. Karat pada dinding-dinding termostat harus dihindari karena bahan baku komponen ini sebagian besar adalah besi.

Karat bisa timbul kalau air radiator jarang diganti sehingga menjadi kotor. Itu sebabnya perawatan termostat yang terpenting adalah menjaga kualitas air radiator. Tumpukan karat pada dinding termostat bisa membuat komponen ini macet. Kemacetan bisa membuat peranti termostat selalu terbuka atau tertutup.

Jika selalu terbuka, sirkulasi air antara mesin dan radiator akan terus-menerus mengalir. Dampaknya air radiator akan selalu berada pada suhu dingin sehingga suhu mesin pun akan dingin (overcooling). Bila kondisinya seperti itu, kinerja mesin pun tidak optimal karena temperaturnya tidak mencapai pembakaran pada suhu 92 derajat Celsius.

Sebaliknya, jika termostat macet dalam kondisi tertutup, aliran air antara mesin dan radiator akan terhalang. Imbasnya saat air pendingin telah mencapai temperatur kerja dan mendekati titik didih, air panas itu tidak dapat bertukar tempat dengan air yang dingin. Karena tidak mendapat pendinginan terjadilah overheating. Panas yang melebihi toleransi membuat mesin berbunyi tidak normal, kurang bertenaga, boros bahan bakar, bahkan mogok di tengah jalan.

Untuk mobil berteknologi modern, seperti injeksi bisa menggunakan bahan aditif (radiator coolant) yang mengandung ethylene glycol. Bahan ini berfungsi menurunkan titik didih air untuk menyempurnakan pendinginan. Selain itu juga berfungsi untuk mencegah timbulnya korosi pada saluran-saluran air pendingin.


By : Pikiran Rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar